Cari

Contoh Permainan Outbound

Posted by Masroni Alkhitat

1. Human Number
Di dalam group besar, energizer akan memberikan instruksi  kepada peserta untuk membentuk kelompok manusia sbb: 1 untuk monas, 2 untuk ojek, 3 untuk becak, 4 untuk mawar mekar, 5 untuk dayung.

2. Moon Ball
Bola plastic berukuran sedang satu persatu akan di lempar ke atas oleh energizer, dimana seluruh peserta berkoordinasi selama mungkin agar balon ini tidak menyentuh tanah.

3. Pisang dan Mangga
Permainan ini menuntut konsentrasi dari peserta, dimana akan diberikan instruksi untuk menanamkan didalam benak dan pikiran mereka terhadap satu benda tertentu, contoh pisang dan manga. Permainan ini menjadi menarik apabila satu peserta yang sedang mengimaginasikan pisang bertemu dengan imaginasi manga.

4. People to people
Secara berpasang-pasangan peserta yang satu dan partnernya akan saling menyentuh dari anggota badan. Contoh: jari dengan jari, kening dengan kening, lutut dengan lutut. Ketika ada instruksi PEOPLE TO PEOPLE ! maka peserta diharuskan untuk berganti pasangan.

5. Samson and Delilah
Permainan ini berkisar pada kisah Samson dan Delilah dan singa. Peserta dibagi menjadi dua tim dan berdiri dalam dua baris, dengan punggung mereka ke tim lain. Setiap tim memutuskan apakah mereka akan Samson, Delila atau singa, tanpa memberitahu tim lain. Mereka berbalik untuk menghadapi tim lain dan gaya tindakan mewakili siapa mereka. Misalnya, pose seksi bisa mewakili Delilah, menegangkan otot-otot bisa Samson, dan raungan ganas bisa mewakili singa. Delila mengalahkan Samson, Samson mengalahkan singa, dan singa kekalahan Delilah. Kadang-kadang, kelompok tidak akan mengalahkan yang lain karena mereka akan baik memilih untuk hal yang sama!
Ice Breaking Games Small Group
1. Mind Toss a Name
Peserta akan memilih 2 orang teman dalam kelompok tetapi hanya didalam pikiran mereka saja.  Kemudian masing2 dari mereka harus berada di antara atau ditengah-tengah 2 orang yang sudah mereka pilih tadi.

2. Picture of Team
Kelompok akan diberikan satu lembar kertas karton berukuran besar dan 1 buah spidol, pada permainan ini fasilitator akan memberikan waktu sebanyak 3 -5 menit untuk mendiskusikan apa kira-kira gambar yang akan mereka buat. Ketentuan dari permainan ini adalah dimana masing-masing peserta hanya diperbolehkan memberikan satu coretan, demikian seterusnya sampai tiba kembali gilirannya untuk mencoret.

3. Dum Dum Dah Dah
Sesi permainan ini untuk menambah daya ingat dan konstrasi peserta. Dimana fasilitator akan memandu gerak dan irama dan harus diikuti secara serempak oleh peserta yang ada.
Trust and Emphaty Fun Game – INTEGRITY POINT
1. Balloon Train
Peserta berdiri satu baris kemudian masing-masing peserta akan dibekali balon karet kemudian ditiup dengan ukuran sedang, setelah itu balon di tempel ke dada dan punggung. Kemudian berjalan mengikuti fasilitator atau berjalan mengikuti suara tertentu. Contoh: bunyi peluit atau tepung tangan sampai pada tujuan tertentu. Adapun haling rintang yang disediakan berupa, turunan, tanjakan, silang pohon, got kecil yang harus dilalui oleh peserta.

2. Blind Alcatraz
Disediakan 6 x 6 kotak seukuran lebar badan. Dimana peserta harus menyebrang dari titik start sampai dengan finish dengan mata tertutup. Dimana akan ditunjuk salah satu peserta untuk mengarahkan jalur yang harus dilalui tanpa menginjak bentangan2 pembatas tadi. Apabila ada yang menginjak garis pembatas makan peserta tersebut dinyatakan gagal dan mengurangi point penilaian.

3. Jatuh Tangkap
Peserta diinstruksikan membentuk dua banjar secara berpasang-pasangan di depan dan belakang. Peserta yang didepan akan menjatuhkan badannya dengan kaki rapat dan tangan melipat didada. Sementara para peserta yang dibelakang sudah siap dengan pasang kuda-kuda untuk menangkap pasangannya. Instruksi peserta yang akan menjatuhkan dirinya adalah SIAP JATUH, ketika ada aba-aba SIAP TANGKAP dari pasangan nya yang di belakang maka dengan penuh kepercayaan diri, peserta didepan menjatuhkan diri ke belakang.

4.  People Pass
Permainan ini membutuhkan kepercayaan dan kesigapan tingkat tinggi dari masing-masing peserta, dimana peserta akan membentuk 1 banjar kebelakang. Kemudian peserta yang paling depan akan diangkat kemudian di alirkan kebelakang dengan posisi tidur menghadap ke atas dan akan ditopang oleh peserta2 yang lain sampai dengan ujung belakang, demikian seterusnya.

5.  Go Home
Disediakan tong atau drum besar dan dengan berpegangan tangan erat peserta akan di berikan insruksi untuk saling menarik satu dan yang lainnya untuk diupayakan menyentuh tong atau drum tadi. Diusahakan masing-masing peserta untuk menghidar dari dorongan atau tarikan peserta yang lain. Tetapi jika ada yang bertabrakan atau menyentuh tong tadi maka satu persatu peserta meninggalkan lingkaran.
De-Inhibitizer Fun Game  / Competition Fun games – PROCESS AND PROSEDURE POINT
1. Three in a row
Disediakan tali berukuran sedang (tali tarik tambang / tali dadung) tali tersebut di kedua ujung nya akan di pegang masing-masing oleh 1 orang. Tugas dari permainan ini adalah dimana seluruh peserta diharuskan melompat secara bersama-sama sebanyak 3 kali putaran.

2. Laser Trap
Sudah terpasang obstacle atau halang rintang berupa tali temali dan jaring-jaring sederhana untuk dilalui tanpa menyentuh sedikitpun. Tantang dalam permainan ini adalah keseluruhan peserta antara satu kaki diikatkan dengan kaki yang lainnya.

3. Papanjang-panjang
Dengan menggunakan seluruh atribut yang menempel di badan, peserta diinstruksikan untuk membuat rangkaian atribut tadi sepanjang mungkin. Contoh: baju, topi, tali sepatu, kaus kaki, dll.

4. Balloon Race
Area sudah dibatasi dengan beberapa lintasan berjarak masing-masing 10m. Permainan ini bersifat kompetisi dimana masing-masing kelompok membagi tugas untuk meniup balon kemudian mentransfer dengan menggunakan kepala, kemudian mentransfer dengan menggunakan mata tertutup dan terakhir ada yang bertugas untuk membangun kumpulan balon-balon tersebut untuk disusun ke atas dengan alat bantu double tape dan gunting, poin terbesar adalah bagi kelompok yang berhasil menyusun balon paling tinggi.
Problem Solving Game – QUALITY AND PERFORMANCE POINT
1. Prisoner of war (POW)
Akan terbentang satu utas tali yang diikatkan ke pohon, kemudian peserta akan diikatkan kedua tangannya berbentuk borgol dan menggantungkan kedua tangan yang terikat tadi di satu utas tali yang diikatkan ke pohon tadi. Tantangannya adalah peserta harus berpikir keras memikirkan cara untuk melepaskan ikatan ditangannya tadi tanpa harus melepaskan ikatan tali tersebut.

2. Human Rope
Peserta akan memegang kedua ujung tali yang sudah dikusutkan terlebih dahulu. Tantangannya adalah peserta harus mampu melepaskan diri dari tali temali yang dipegang oleh peserta lainnya sehingga semuanya terbebas dengan tanpa melepaskan pegangan di kedua ujung tali tadi.

3. Hula hup
Peserta berdiri melingkar dengan berpegangan tangan, kemudian akan diberikan satu buah hula hup. Dan bertugas untuk mengalirkan hula hup tersebut dari peserta pertama sampai dengan terakhirt tanpa melepas pegangan tangan.

4. The A Team
Sudah disediakan 3 buah bamboo berukuran sedang dan tali temali. Peserta bertugas untuk membentuk suatu fondasi yang bisa dinaiki oleh salah seorang peserta dan menempuh suatu panjang lintasan tertentu. Tangtangannya adalah peserta yang naik ke bamboo tadi dijaga sebisa mungkin dengan tali temali yang disediakan tadi pada ujung atas bamboo agar tidak terjatuh selama melakukan perjalanan.

5. Bambu Listrik
Disediakan bamboo kecil panjang dan satu buah cincin. Dengan hanya menggunakan kedua jari telunjuk dari masing-masing peserta, diharuskan mengalirkan cincin tadi dari ujung satu ke ujung lainnya dengan tanpa menyentuh cincin tadi. Jika salah seorang peserta menyentuh cincin tadi maka permainan akan di ulang dari awal.
Final Project
Treasure Hunt
Alat yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok:
1.    1 lembar Peta buta lokasi seputar gunung geulis adventure camp
2.    1 buah Kompas navigasi
3.    1 set alat tulis (ball point dan kertas)
4.    1 buah papan dada

Bentuk permainan:
Masing-masing kelompok diharuskan membagi kelompok dari setiap instruksi selama waktu perjalanan, adapun beberapa instruksi tugas yang diberikan antara lain:
1.    Membaca peta dan kompas
2.    Menghitung jumlah tanda jejak
3.    Mencari dan menghitung check point
4.    Membidik derajat kompas
5.    Membuka jalan, khusus bagi jalan yang tertutup rapat oleh ranting dan dedaunan
6.    Selalu waspada untuk menjaga keutuhan, kekompakan dan keselamatan tim selama melakukan perjalanan
Durasi Permainan:
+/- 2 jam
Penilaian:
1.    Waktu tercepat
2.    Ketepatan jumlah tanda jejak (kiri dan kanan)
3.    Ketepatan jumlah check point
4.    Akurasi terdekat tancapan bendera di titik harta karun

0 komentar:

Posting Komentar

ucapkan walaupun satu kata maka akan mendapat berkah
tulis komentar anda di sini

Popular Posts

Like Facebook

@masroni alkhitat. Diberdayakan oleh Blogger.